SEKOLAH UNGGULAN

Sekolah unggulan juga biasa disebut sekolah bermutu. Menurut perspektif Departemen Pendidikan Nasional adalah sekolah yang dikembangkan untuk mencapai keunggulan dalam keluaran ( output ) pendidikannya. Untuk mencapai keunggulan tersebut maka masukan ( input ), proses pendidikan, guru dan tenaga kependidikan, manajemen, layanan pendidikan, serta sarana penunjangnya harus diarahkan antuk menunjang tercapainya tujuan tersebut.

Sekolah unggulan pada umumnya hanya menerima siswa-siswa yang unggulan saja, fasilitasnya pun pada umumnya lengkap. Dengan input yang bagus dan sarana prasarana yang menunjang, maka tidak heran jika pada akhir tahun prestasinya sangat bagus. Nilai-nilai siswa sekolah unggulan akan lebih tinggi di bandingkan dengan siswa umumnya. Hal ini biasanya juga berimbas pada jenjang pendidikan berikutnya,siswa-siswa dari sekolah unggulan akan lebih mudah diterima di jenjang pendidikan berikutnya, sedangkan siswa dari sekolah biasa akan sedikit mengalami kendala saat akan melanjutkan pendidikan berikutnya.

Dengan tersedianya fasilitas yang memadai dan tenaga pendidiknya sangat profesional menjadikan biaya sekolah unggulan cukup tinggi hingga hanya masyarakat kalangan menengah atas yang dapat menikmati fasilitas di sekolah unggulan. Namun bagi anda yang dari masyarakat menengah bawah yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata tak perlu berkecil hati karena anda dapat ikut program beasiswa untuk siswa berprestasi dari kalangan menengah bawah.

Ada beberapa tipe sekolah unggulan antara lain

  1. Tipe 1

Tipe ini sekolah menerima dan menyeleksi secara ketat siswa yang masuk dengan kriteria memiliki prestasi akademik yang tinggi.

  1. Tipe 2

Sekolah dengan tipe ini menawarkan fasilitas yang serba mewah, yang ditembus dengan SPP yang sangat tinggi. Prestasi akademik yang tinggi bukan menjadi acuan input untuk diterima di sekolah tipe ini.

  1. Tipe 3

Sekolah unggulan tipe ini menekankan pada iklim belajar yang positif di lingkungan sekolah. Sekolah menerima dan mampu memproses siswa yang masuk dengan prestasi rendah menjadi lulusan ( output) yang bermutu tinggi.

Sekolah yang dikategorikan sebagai sekolah unggulan perlu ditunjang dengan berbagai aspek, diantaranya adanya input yang unggul, guru yang professional, sarana yang memadai, kurikulum yang inofatif, ruang kelas atau pembelajaran yang kondusif, sehingga dapat mendorong terciptanya pembelajaran yang efektif dan efisien dan akhirnya dapat menghasilkan outputĀ  yang unggul dan berkualitas.