SEKOLAH UNGGULAN DI INDONESIA

Sekolah unggulan di Indonesia kini semakin banyak dan memiliki kualitas yang sangat tinggi. Disetiap daerah di Indonesia sekarang telah memiliki  sekolah unggulan yang dapat menghasilkan lulusan yang unggul dan bermutu. Namun untuk masuk ke sekolah unggulan tidaklah mudah, kita haruslah memiliki kecerdasan di atas rata-rata atau setidaknya kita harus menyediakan biaya yang cukup besar untuk masuk ke sekolah unggulan.

Sekolah unggulan di Indonesia yang dulu identik dengan sekolah orang-orang kaya,  namun kini semua kalangan dari yang miskin hingga yang kaya dapat menikmati fasilitas dan menambah ilmu di sekolah unggulan asalkan memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Pada awal tahun ajaran baru para orang tua pun kini berlomba-lomba mendaftarkan anaknya ke sekolah unggulan. Karena secara umum masyarakat memandang sekolah unggulan adalah sekolah yang bagus, seleksinya yang ketat, hanya siswa yang memiliki hasil UN tinggi yang dapat masuk.komunitas pendidikan melihat pada perspektif yang berbeda mengenai sekolah unggulan. Sekolah unggulan adalah sekolah yang mampu menghadirkan proses pembelajaran yang berkwalitas sehingga menghasilkan output dan outcome yang berkualitas tanpa dipengaruhi oleh input siswa.

Selain hanya menerima siswa yang unggul, sekolah unggulan di Indonesia dapat didukung dari beberapa faktor, di antaranya :

  1. Kepemimpinan Kepada Sekolah

Kepala sekolah seharusnya memiliki kemampuan pemahaman yang menonjol. Dari beberapa penelitian tidak ada sekolah yang maju dengan kepala sekolah yang bermutu rendah.

  1. Guru tangguh dan professional

Guru merupakan ujung tombak kegiatan belajar mengajar, karena guru berhadapan langsung dengan siswa. Karena itu guru harus professional sehingga mampu mewujudkan harapan orang tua untuk menciptakan peserta didik yang memiliki wawasan luas dan terampil.

  1. Lingkungan kondusif

Lingkungan yang kondusif tidak hanya ruang kelas  dengan berbagai fasilitas mewah, tapi dapat memberikan dimensi pemahaman secara menyeluruh bagi siswa serta jaringan organisasi yang baik.

  1. Partisipasi orang tua akif

Di sekolah unggulan orang tua selalu dilibatkan dalam kegiatannya. Orang tua ikut mengawasi anak-anaknya dalam melaksanakan tugas-tugas dari sekolah.

Untuk menjadikan sekolah menjadi sekolah unggulan diperlukan kerjasama dari semua warga sekolah, mulai dari kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan, tenaga administrasi dan juga murid.