PROGRAM SEKOLAH UNGGULAN

Sekolah unggulan akan semakin unggul jika program sekolah unggulan tersebut sesuai dengan kondisi sekolah dan dilaksanakan dengan professional. Perencanaan program sekolah unggulan merupakan upaya yang perlu di lakukan untuk membangun sekolah agar menjadi sekolah unggulan serta memiliki nilai tambah agar memiliki daya saing nasional dan internasional. Untuk itu agar target pencapaian prestasi bissa tercapai perlu dilaksanakan program-progam yang menjadi unggulan sekolah.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan program unggulan sekolah, yaitu :

  1. Mastery learning programme yaitu perencanaan program unggulan sekolah yang mengarah kepada praktik pembelajaran standar yang tuntas. Inti dari program ini adalah setiap anak yang belajar harus mencapai tingkat ketuntasan (mastery learning) sebagaimana yang di persyaratkan dalan KKM ( kriteria ketuntasan minimal ), anak yang belum tuntas diberikan program perbaikan melalui remedial teaching, dan bagi anak yang sudah tuntas diberikan pengayaan atau percepatan
  2. Quality improvement programme yaitu perencanaan program sekolah unggulan yang mengarah pada peningkatan dan penciptaan budaya mutu atau kualitas di sekolah. Program ini merupakan program unggulan sekolah di bidang akademik maupun non akademik baik seni budaya maupun olahraga.
  3. E-learning programe yaitu perencanaan program unggulan sekolah yang mengarah kepada kegiatan pendidikan berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi. Semua aktifitas di sekolah baik yang dilakukan oleh guru, karyawan maupun siswa senantiasa berbasis high-tech seperti komputer dan internet.
  4. Bilingual programme yaitu perencanaan program unggulan sekolah yang mengarah pada pemakaian dua bahasa yaitu bahasa internasional dan bahasa internasional. Seluruh warga sekolah harus membiasakan setidaknya satu bahasa asing untuk menjadi bahasa ilmu pengetahuan dan bahasa komunikasi sehari-hari.
  5. Human resources department programme yaitu perencanaan program unggulan sekolah yang dirancang untuk pemberdayaan seliruh warga sekolah separti seminar, workshop, diklat dan beragam kegiatan-kegiatan pemberdayaan lain yang inovatif dan produktif.
  6. Research and development programme yaitu perencanaan program unggulan sekolah yang mengarah pada penciptaan sekolah sebagai lembaga riset ( research school ). Program ini didasarkan pada asumsi bahwa semua ilmu pengetahuan dan teknologi tercipta karena adanya penelitian dan pengembangan.
  7. Reward and punishment programe yaitu perencanaan program unggulan sekolah yang bertujuan untuk memberikan perlakuan kepada seluruh warga sekolah secara adil dan professional sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen modern. Program ini dirancang agar semua warga sekolah selalu termotivasi untuk berprestasi.